Resep Membuat Yangko Oleh-oleh Khas Jogja Ala Niken Indriati

Sebenarnya ini request dari anak pertamaku. Pertama kali ngicip yangko pas perjalanan pulang dari Yogya. Langsung aja dia bilang 'Umi, nanti di Lamongan bikinin yangko ya..' Tau aja si anak kalau emaknya model: apa-apa bikin sendiri #baca: emak ngirit mode on and on wkwwkwwk


Dan.. Janji itu sampe kemarin blm di penuhi karenaaaa.. Pas liat dibungkus, komposisi yangko cuman 3 bahan: tepung ketan, essens ama gula... Sementara pas browsing, pake margarin segala😱 jadilah ragu mo eksekusi 😢

siang malam sampe kepikiran gimana ya hanya dengan tiga bahan bisa jadi yangko yang seenak itu. Kira2 rumus dan metodenya gimana.. Beberapa kali mau praktek pake step2 yang sdh tersirat di angan-angan. Tapi ragu kembali melanda, kalo gagal eman-eman bahannya 😥 akhirnya ga jadi bikin terus.

Naaah... Kali ini demi anak dan demi pecinta kuliner 😁, aku beranikan diri praktek pake step2 yang sejak dulu sdh kurancang setengah matang wkwkwk..

Dan... Alhamdulillah, walaupun entah stepnya ini bener apa nggak, rasanya mirip2 yangko yogya cuma masih ketebelan. Kata suamiku rasanya enak, manisnya pas 😍, suamiku bilang yangko yang dijual terlalu manis, tapi klo sobat kuliner suka manis seperti yang di pasaran, boleh ditambah takaran gulanya :)

Lain kali coba lagi bikin yang tipisan dikit biar bentuknya rapi n cantik. Trus update foto, biar keliatan lebih profesional hihihi..

Niken Indriati Niken Indriati

Bahan-bahan :

  • 6 porsi
  • 500 gram tepung ketan putih.
  • Secukupnya essens sesuai selera

🌼Bahan air gula:🌼

  • 200 gram gula pasir
  • 400 gram air


Langkah- langkah pembuatan :

  1. Sangrai tepung ketan kurang lebih 10 menit. Angkat
  2. Ambil 400 gram tepung ketan yang sudah disangrai. Sementara sisanya digunakan untuk membalur yangko nantinya. 
  3. Untuk bahan air gula, dimasak sambil diaduk hingga mendidih. Segera matikan api. Sisihkan hingga benar2 dingin.
  4. Campur tepung ketan dengan air gula yang telah dingin. Kocok rata menggunakan mixer dengan kecepatan terendah. Bisa diaduk manual menggunakan spatula, hanya butuh ketelatenan agar tak ada adonan yang menggumpal.
  5. Bagi adonan yangko menjadi 3 bagian. Masing2 diberi 1 tetes essens. Saya menggunakan essens jeruk, strawberry dan melon. Kalau teman2 ingin warna yang lebih kuat, bisa ditambahkan dosis essensnya.
  6. Masak adonan yang diberi essens jeruk diatas api kecil sambil terus diaduk. Jangan berhenti mengaduknya karena akan bergumpal dibagian dasar. 
  7. Masak hingga adonan menjadi lebih padat seperti pada gambar.
  8. Tuang yangko jeruk didalam loyang yang telah dialasi kertas roti/plastik dan ditaburi tepung ketan sangrai. 
  9. Taburi permukaan yangko dengan tepung ketan. Lalu dengan menggunakan tangan yang dibungkus plastik, padatkan dan rapikan yangko jeruk. Lakukan disaat yangko jeruk masih panas. Sisihkan.
  10. Kalau bisa tipis saja, jangan terlalu tebal. Kurang lebih penampakannya seperti ini.
  11. Masak dan cetak adonan yangko strawberry dengan cara yang sama seperti yangko jeruk. Sisihkan.
  12. Begitu juga dengan yangko melon. Dimasak dan dicetak dengan cara yang sama seperti yangko jeruk. Tutup yangko dengan plastik dan simpan didalam kulkas hingga set (kurang lebih 6 jam)
  13. Potong-potong menggunakan pisau yang dilapisi plastik agar tidak lengket.
  14. Balur dengan sisa tepung ketan. Sapu permukaan yangko dengan kuas untuk mengurangi ketebalan tepung. 
  15. Bungkus dengan kertas minyak. Masukkan kembali dalam kulkas. Simpan semalaman.
  16. Ini masih terlalu tebal ngirisnya.. Sobat Resep Harian kalo bikin tipis-tipis aja ya :)
Selmat mencoba ya bun :) semoga berhasil !!

Resep dari : Niken Indriati Niken Indriati
edit