Cara Membuat Sambal Kincung (Kecombrang) Khas Nusantara Berani Sama Pedasnya ?!

Sambal kincung a.k.a sambal kecombrang merupakan salah satu kreasi resep sambal Nusantara sedap. Rasa sambal yang pedas dengan kucuran jeruk nipis di atasnya memberikan sensasi yang beda dari masakan lainnya. Di tambah lagi wangi rajangan kincung yang memiliki aroma khas, membuat sambal semakin endeesss bun.

Bagi penyuka kincung yang memiliki nama lain daun kecombrang, Honje dan Bunga Kantan ini pastinya suka dengan aroma khasnya. Tapi berbeda lagi bagi yang tidak menyukainya, karena bunga kincung ini memiliki aroma yang langu sedikit asam / kecut. Pada umumnya bunga kincung di olah menjadi sambal kincung pedas goreng. Yang enak di santap bersama tempe tahu goreng, ikan goreng, ikan bakar, ayam goreng, ayam bakar, ikan bandeng, bebek goreng, belut goreng dll.

Selain dijadikan sambal goreng kincung, daun honje atau kecombrang ini juga sering ditambahkan dibeberapa masakan daerah. Mulai dari gulai ikan, pepes ikan, pepes ayam, lodeh, pepes tahu, pari sambal kecombrang, sambal sotong kecombrang, sambal lado kecombrang, bongkot Bali dan masih banyak lainnya. Aromanya yang wangi sedap seringkali membuat masakan yang memakai kecombrang semakin lezat. Jadi tak salah lagi jika banyak masakan Indonesia yang menggunakan kecombrang sebagai bumbu rahasianya.

Kincung / kecombrang bisa di masukkan ke dalam sebuah masakan selagi masih mentah dan bisa juga dengan merebusnya terlebih dahulu. Kecombrang rebus bisa dijadikan salah satu bahan rujak ulek, gado-gado, karedok dan pecel sayuran khas Jawa. Kalau orang sunda malah banyak yang suka memakai kecombrang rebus untuk lalaban bersama daun kemangi, mentimun, daun selada, kol, jengkol dan petai.

Cara membuat sambal kincung tentu saja sangat mudah dan praktis. Proses pembuatannya hampir sama ketika akan membuat sambal pedas goreng rawit pada umumnya. Cuma bedanya sambal ini ada irisan daun kecombrang / kincung yang segar. Oke deh, berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Sambal Kincung nya bun, mari di simak!

BAHAN-BAHAN SAMBAL KINCUNG :

Cabai merah 10 buah
Cabai rawit merah 5 buah
Bawang merah 4 buah
Bawang putih 1 buah
Tomat ukuran sedang 1 buah
Kincung / kecombrang 1 buah ukuran kecil, iris tipis
Terasi bakar 1 potong (bisa pakai terasi ABC)
Gula merah sisir 2 sendok makan
Garam 1/2 sendok teh
Daun kemangi secukupnya
Air jeruk nipis / kasturi 1 sendok makan
Minyak goreng secukupnya

LANGKAH MEMBUAT SAMBAL KINCUNG :

Siapkan bahan-bahan, panaskan minyak lalu goreng cabe merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, terasi, tomat sampai setengah matang.
Selanjutnya ulek sampai halus bahan-bahan sambal goreng tadi. Tambahkan garam, gula merah dan irisan kincung/kecombrang.
Tambahkan daun kemangi, ulek seperlunya saja. Tambahkan air jeruk nipis, aduk rata.
Cek rasa, jika ada yang kurang silahkan tambahkan sesuai selera.
Sambal sudah bisa dinikmati bersama pelengkap pilihan. Nyam!
Dalam resep sambal kincung yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh ini kita menggunakan kincong/kecombrang mentah ya bun. Kalau pengin tidak terlalu langu boleh di rebus sebentar terlebih dahulu. Bentuk dari bunga kincung ini mirip dengan jantung pisang ya, yaitu sama-sama kuncup.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Membuat Sambal Kincung (Kecombrang) Khas Nusantara.
Semoga bermanfaat  😊

Resep Oleh : 
edit